LUCID DREAM [melatih potensi diri melalui alam bawah sadar]

*prolog
Type tidur ada 2, yaitu:
1.    Non rapid eye movement (NREM) sleep, dikenal juga sebagai quiet sleep
2.    Rapid eye movement (REM) sleep, dikenal juga dengan mimpi aktif atau paradoxical dream

LUCID DREAM
     Lucid Dream (LD) adalah keadaan dimana kita mengalami mimpi didalam mimpi yang mana memungkinkan kita untuk dapat mengendalikan mimpi. Pernahkah anda nonton film the inception? Film yang dibintangi Leonardo dicaprio ini menceritakan tentang kemampuan seseorang dalam mengendalikan mimpi atau ber-lucid dream. Mungkin memang terdengar seperti omong kosong, namun kenyataannya lucid dream memang dapat dijelaskan secara science.

     Allan Hobson, seorang neuroscientist yang mencoba meneliti tentang fenomena LD dengan menggunakan neurobiologhical model berhasil mengungkapkan bahwa terjadi perubahan gelombang otak ketika seseorang tertidur yang memungkinkannya untuk ber-lucid dream. Sebelum menuju ke bahasan lucid dream berikut ada beberapa tahapan ketika seseorang tertidur berikut penjelasannya,
Tahap dimulainya proses tidur
     Fase ini adalah keadaan dimana kita masih relatif sadar. Otak kita akan memproduksi gelombang beta (gelombang kecil yang bergerak dengan cepat). Ketika keadaan otak mulai merasa rileks, maka otak akan mulai memproduksi gelombang alpha (gelombang yang bergerak lebih lambat dari beta). Apabila kita belum tertidur lelap pada fase ini, maka akan ada kemungkinan kita mengalami perasaan atau sensasi yang begitu jelas (hippagogic hallucination) seperti merasa terjatuh atau merasa diguncang. Ada pula yang sampai merasakan bahwa dirinya tersadar namun sulit untuk menggerakkan tubuhnya (sleep paralysis). Kejadian lain yang juga dapat terjadi pada fase ini adalah myoclonic jerk, yaitu keadaan dimana kita tiba-tiba merasa kaget dan terbangun. 
Tahap 1
     Tahap ini adalah tahap dimulainya siklus tidur dimana terjadi fase transisi dari keadaan terjaga dengan mulai tertidur. Pada tahap ini otak memproduksi gelombang theta, gelombang yang bergerak sangat lambat. Fase ini berlangsung cukup singkat, sekitar 5-10 menit. Jika anda terbangun pada tahap ini, maka artinya anda belum benar-benar memasuki siklus tidur.
Tahap 2
     Tahap kedua dari siklus tidur ini biasanya berlangsung selama 20 menit. Pada keadaan ini otak mulai memproduksi sllep splindles, yaitu gelombang yang bergerak seperti tersembur dengan cepat  dan berirama. Selain itu, pada fase ini suhu tubuh juga mulai menurun dan detak jantung melambat. 
Tahap 3
     Tahap ini adalah periode transisi dari lightsleep dan very deep sleep dari keseluruhan fase tidur. Pada fase ini gelombang delta mulai diproduksi. Gelombang delta adalah gelombang yang bergerak dengan mendalam dan lambat.
Tahap 4
     Pada tahap ini gelombang delta masih diprodusi, sementara periode deep sleep yang dialami berkisar 30. Hal yang dapat terjadi pada tahap ini adalah seperti mengigau yang terjadi pada fase akhir dari tahap 4.
     Siklus tidur terjadi secara bertahap dari tahap 1, kemudian 2,3, dan 4. Setelah tahap 4, biasanya tahap 3 dan 2 akan terus berulang sampai akhirnya kita memasuki tahap 5.
Tahap 5
     Pada tahap inilah mimpi terbentuk. Fase ini juga dikenal dengan rapid eye movement (REM) yang ditandai dengan meningkatnya aktifitas otak, meningkatnya detak jantung, dan adanya pergerakan pada bola mata.
Mimpi yang terjadi pada tahap ini ada kaitannya dengan meningkatnya aktifitas otak, dimana meyebabkan otot-otot pada tubuh melumpuh (paralyzed). Setelah fase ini usai maka tubuh kita akan kembali ke tahap 2. Siklus tidur ini biasanyaakan berulang sebanyak 4-5 kali.

Kembali ke pembahasan LD
     Lucid dream ditandai ketika kita menyadari bahwa kita sedang bermimpi, keadaan dimana kita dapat menentukan tema dari suatu mimpi, dan benar-benar mengendalikannya.Asiik. Proses ketika kita sadar ini ada kaitannya dengan aktifitas di prefrontal cortex(bagian otak yang tidak aktif ketika fase REM), bagian otak yang menjadi manajer system kerja otak dan tempat dimana kerja memori diotak terjadi.

Manfaat LD
     Lucid dream artinya kita diizinkan untuk memegang penuh kendali mimpi kita. Banyak hal yang bisa kita lakukan dari LD seperti berikut contohnya,
1.  Fantasi dan Petualangan
     Di dalam mimpi, kita bisa mengendalikan sepenuhnya keinginan kita, sekuat dan semampu imajinasi kita. Kita bisa terbang seperti superman, atau mendaki gunung tertinggi didunia.
2.  Latihan
     Lucid Dream merupakan kesempatan Emas bagi anda. karena di Lucid Dream kita bisa latihan dulu sebelum melakukan kegiatan di dunia nyata. Contohnya saya di dunia nyata ingin melakukan perlombaan lompat jauh. Kenapa tidak latihan di Lucid Dream saja agar di dunia nyata nanti Insyallah bisa Lancar. Gampangnya meltih potensi diri melalui alam bawah sadar.
3.  Inspirasi/Kreatifitas
     Bagi Pemain Musik, Pengarang Cerita, Penulis Buku, Sutradara, Pembuat Film mungkin Lucid Dream ini bisa membantu kita. Kenapa Tidak? karena di Lucid Dream kita bisa menemukan hal hal yang sangat luar biasa. dan kita bisa menuliskanya di buku,pembuat film, pengarang cerita, Arsitek dsb.
4.  Stop Mimpi Seram
     Di Lucid Dream kita bisa mengendalikan mimpi jadi kita terhindar dari mimpi seram. Misalkan pun ada anda tinggal melemparkan api,mendorongnya dengan telapak tangan tanpa menyentuhnya dan lain sebagainya tergantung sekuat apa imajinasi kita.
5.  Penyelesaian Masalah
     Lucid Dream Insyallah bisa menyelesaikan masalah kita di Dunia. anda bisa curhat kok dengan orang di alam bawah sadar anda. orang  di alam bawah sadar anda pasti seseorang pendengar yang baik. Contohnya saja bagi pelajar. dia susah sekali mengalami masa masa belajarnya. dan ia curhat sama orang di lucid dream. dan kata orang alam bawah sadar kita "Cobalah untuk belajar di suasana tenang seperti taman atau pantai dan mendengarkan lagu untuk konsentrasi atas pelajaran dia.


Cara mendapatkan LD
     Lucid dream dapat dikatakan sebagai skill yang bisa dilakukan oleh siapa saja, bias didapat dengan latihan mensugesti diri, adapula yang mendapat LD secara tak sengaja, bahkan adapula yang bawaan lahir mampu ber-LD sesuka hati. Nah, bagi anda yang ingin mencoba ber-lucid dream, berikut saya tuturkan beberapa tipsnya..,
1.  Kenali kesadaran dan tanda-tanda mimpi
     Cobalah untuk membiasakan diri mengecek realita dan kesadaran anda, bahkan ketika anda tidak sedang bermimpi.  Tanyakan ke diri anda sendiri :  Apakah saya bermimpi?  Contohnya adalah memastikan jarum jam tetap berjalan, atau mengecek gaya gravitasi.  Jika anda melakukan hal tersebut di dalam mimpi, akan terjadi suatu keanehan (misal, di dunia mimpi jarum jam tidak berjalan, ada kemungkinan benda-benda terbang melawan gravitasi).  Nah, jika keaneahan tersebut terjadi dan anda menyadarinya, selamat...anda telah mengalami Lucid Dream dan bisa mulai menjelajah mimpi. Seperti omong kosong sih, tap silahkan dicoba.
2.  Ingatlah mimpi anda
     setiap anda bermimpi cobalah untuk mengingatnya, jika perlu dicatat. Teknik ini dinamakan dengan pembuatan jurnal mimpi.
3.  Berusaha bangun di tengah tidur
     Waktu terbaik adalah menjelang pagi, di mana anda masih memiliki cukup waktu untuk melanjutkan tidur anda.  Setelah terbangun, minum banyak air putih, berusahalah mengingat mimpi anda sebelumnya, dan lanjutkan tidur.
4.  Visualisasi dan Sugesti
     Sebelum tidur, bayangkan berbagai hal-hal fantastis seperti terbang di angkasa, melukis di atas awan, atau hal-hal lainnya.  Lalu katakan pada diri anda sendiri berulang-ulang "Saya akan mengalami Lucid Dream dan mencatatnya dalam jurnal mimpi.
5.  Dengarkan gelombang musik untuk mempermudah proses Lucid Dream
     Ini merupakan cara yang praktis, anda dapat mendengarkan File audio untuk lucid dream sambil bersiap tidur. Download disini atau disini
6.  Sabar dan terus berlatih
     Lucid dream adalah sesuatu yang harus terus menerus dilatih, dan mungkin tidak bisa langsung berhasil dalam satu kali percobaan.  Jika gagal, cobalah untuk mereview lagi metode yang anda lakukan, dan jangan putus asa.  Terus berlatih, dan berlatih.
    Nah, saya rasa ada diantara pembaca yang mungkin mempertanyakan adakah dampak dari lucid dream, atau khawatir bahwa LD ada hubungannya dengan hal gaib dan mistis. dapat saya katakana bahwa LD tidak ada hubungannya dengan hal mistis (jika anda takut maka berdoalah). Untuk dampak negative saya rasa Selama tidak dilakukan secara berlebihan, tidak ada dampak fisik negatif dari Lucid Dream.  Beberapa kasus stres mungkin muncul jika Lucid Dream anda bersifat mengerikan atau menakutkan.  Dalam kasus lucid dream yang akut, beberapa orang mungkin kehilangan motivasi di dunia nyata karena mereka merasa bisa mendapatkan apapun di dunia mimpi. Satu hal yang anda harus ingat, segala hal dalam Lucid Dream hanyalah mimpi, tidak ada yang berupa kenyataan.

Bagaimana? Tertarik mencobanya?
Jangan lupa berdoa sebelum tidur…




Previous
Next Post »
Thanks for your comment