LINGKUNGAN BISNIS [menjadi mahasiswa aktif dan produktif]


Menjadi mahasiswa aktif dan produktif
(mengenal dunia bisnis melalui bekerja paruh waktu)



   








I.       ABSTRAK
     Belajar bisnis dapat dilakukan siapa saja dan dimana saja, pelajar sekalipun tidak menjadi masalah. Namun banyak anak muda serta pelajar(mahasiswa) enggan untuk mengetahui dunia bisnis karena merasa tidak memiliki modal materi maupun kemampuan, padahal perlu diketahui bahwa asalkan memiliki kemauan dan kemampuan bisnis dapat dilakukan tanpa modal sekalipun. Sedikit jumlahnya pelajar atau mahasiswa yang menyadari akan hal ini, mengisi waktu kosong diluar kuliah dengan belajar bisnis dan menjadi produktif.
     Tentu saja banyak pilihan untuk belajar bisnis dan menjadi produktif dimasa kuliah seperti misal menjadi karyawan paruh waktu, designer web, penulis lepas, reseller, ataupun membuka usaha sendiri, dan tentu masih banyak lainnya, tinggal bagaiman kita sebagai mahasiswa melihat peluang yang ada.
     Banyak yang dapat diperoleh dengan kita mengisi waktu luang diluar jam kuliah dengan bekerja. Selain sekadar pengalaman dan tambahan uang saku, kita juga mendapat banyak pengalaman dan pengetahuan yang belum tentu didapatkan oranglain. Kemampuan memanajemen waktu yang bagi orang lain adalah hal yang sulit pun menjadi tambahan bonus yang kita peroleh, dimana hal tersebut akan banyak membantu kita didunia kerja yang lebih luas setelah lulus kuliah nanti.

II.               ISI
Bisnis secara harfiah berasal dari bahasa inggris “business” dengan kata dasar “busy” yang artinya sibuk, business dapat diartikan sebagai menyibukkan diri dengan kegiatan yang dapat mendatangkan laba bagi kelompok maupun individu.
     factor ekonomi bukanlah alasan utama seseorang memilih untuk kuliah sambil bekerja, namun kuliah sambil bekerja dapat dijadikan sebagai sebuah alternative baru untuk menambah pengetahuan dalam dunia bisnis, meskipun belum banyak yang menyadari namun perlu diketahui bahwa kuliah sambil bekerja adalah merupakan suatu trend dan gaya hidup yang layak dicoba bagi para mahasiswa yang menginginkan untuk mengisi waktu luangnya dengan kegiatan yang positif.
     Banyak keuntungan yang dapat diperoleh dari kuliah sambil bekerja, adapun beberapa dari banyak keuntungan tersebut seperti:

     1.     Mengerti konsep teorinya dikampus, mengetahui prakteknya didunia kerja
   Mengerti konsep tentu saja penting, namun apabila tidak dibarengi dengan prakteknya langsung tentu saja menjadikan pemahaman konsep menjadi hampa. Misal dikampus saya di AMIKOM terdapat mata kuliah manajemen bisnis dimana didalamnya diajarkan tentang langkah pengorganisasian kerja, manajemen dalam kerja, serta tahap koordinasi, semua mengetahui teorinya tapi tidak semua yang mengetahui praktek langsungnya didunia kerja. Bagian ini menjadi keuntungan bagi mahasiswa yang kuliah sambil kerja karena dapat selangkah lebih mengetahui tentang prakteknya dibandingkan mahasiswa lain yang hanya mengetahui teorinya saja.

     2.     Kemampuan manajemen waktu, istimewa
    Pulang kuliah nongkrong, ada tugas dikerjakan hamper deadline, belajar kalau ujian. Hal-hal semacam diatas tentu saja tidak ada dalam data mahasiswa yang kuliah sambil bekerja. Komitmen serta keputusan dalam memilih untuk bekerja sambil kuliah menjadikan mahasiswa yang bersangkutan menjadi mahasiswa yang disiplin dan menghargai waktu. mahasiswa yang bekerja diluar jam kuliahnya benar-benar dilatih untuk memiliki kemampuan manajemen yang lebih efektif apabila dibandingkan dengan mahasiswa yang lainnya, ia mampu membagi waktu antara kuliah, belajar, mengerjakan tugas, bekerja, dan kehidupan santainya sebagai anak muda. Kemampuan seperti ini tentu saja akan menjadikan keuntungan baginya didunia kerja yang lebih luas setelah lulus nanti.

     3.     Lebih cepat menentukan arah setelah lulus kuliah
    Khawatir akan dunia kerja yang sesungguhnya mungkin adalah hal yang nwajar bagi mahasiswa yang baru lulus dari kuliah, ragu-ragu dalam memilih apakah membuka  bisnis sendiri ataukan bisnis di suatu perusahaan. Keraguan seperti itu mungkin akan dianggap lebih enteng bagi mahasiswa yang pernah bekerja, karena bagaimanapun mereka sudah mempunyai nilai plus karena telah memiliki pengalaman kerja dibanding mereka yang tidak pernah bekerja sama sekali. Tentu saja adaptasi di lingkungan kerja pun akan lebih mudah.

     4.     Mau jadi entrepreneur? Kami tahu caranya jadi pimpinan yang baik
    Menjadikan 20% lulusan mahasiswanya sebagai entrepreneur, mahasiswa yang kuliah sambil kerja mungkin mampu menjawab tantangan dari AMIKOM. Ini merupakan keuntungan bagi mahasiswa yang bekerja di perusahaan sebagai karyawan dimana seorang mahasiswa dapat banyak belajar dari atasan maupun pimpinannya. Mempersiapkan diri untuk menjadi pimpinan yang disegani dan dihormati bukan ditakuti, mereka dapat menyaring mana perilaku pimpinan yang baik dan mana yang kurang baik ketika memposisikan dirinya sebagai karyawan. 

     5.     Kami mandiri, uang jajan tidak banyak minta lagi
    Berbeda dengan mahasiswa yang hanya kuliah saja, mahasiswa yang memilih untuk bekerja di jam luangnya tentu menjadikannya sebagai pribadi mandiri yang produktif di masa muda, selain membantu meringankan beban orangtua, dengan bekerja mereka juga dapat mencukupi kebutuhan jiwa mudanya sendiri.

      6.     Riwayat pekerjaan, saya punya
    Ini merupakan keuntungan bagi mahasiswa yang ingin bekerja di suatu perusahaan setelah lulus nanti. Perlu diketahui bahwa dewasa ini banyak perusahaan yang mencantumkan riwayat bekerja sebagai salah satu kualifikasinya, hal ini tentu saja menjadikan para fresh graduate berpikir “gimana punya pengalaman kerja, orang baru lulus kuliah?”. Tapi bagi mahasiswa yang pernah bekerja ini merupakan keuntungan .
Tentunya masih banyak hal yang dapat diperoleh mahasiswa yang kuliah sambil bekerja karena pemahaman pengetahuan dan pengalaman setiap pribadi berbeda-beda.
    semua dikembalikan pada tujuan awal dan pribadi masing-masing, apakah ingin mencoba kuliah sambil bekerja atau focus untuk kuliah saja. karena bagaimanapun juga kuliah sambil bekerja bukanlah hal yang mudah untuk dijalani. Dibutuhkan komitmen yang tinggi dan kesabaran untuk menjalani dua kehidupan yang berbeda di waktu yang sama agar keduanya dapat berjalan seimbang dan menghasilkan keuntungan ganda.

III.           REFERNSI





download pdf

Previous
Next Post »
Thanks for your comment